Kamis, 02 Februari 2012

TIPS MENENANGKAN DIRI

Tanda orang yang selalu bisa menemukan solusi cerdas dan jitu dalam suatu permasalahan ialah dengan melihat seberapa tenangnya dia disaat menyikapi dan menghadapi masalah tersebut. Meski hal itu dalam kondisi pelik, krodit, darurat, dan genting sekalipun.
Maka untuk itu, ini ada beberapa tips untuk menciptakan ketenangan diri.
Berikut tipsnya :
A. Akui Dan Lepaskan segala Emosi Negatif. Akui kecemasan, ketakutan, kegelisahan atau segala bentuk apapun emosi negatif disaat memulai menciptakan kondisi tenang. Kemudian lepaskan dengan tehnik olah nafas yang efektif. Yaitu dengan menghembuskan nafas melalui mulut, lalu menariknya dengan hembusan nafas ke hidung dan kemudian melepaskannya keluar kembali dari mulut. Ulangi hal ini untuk beberapa kali.   
B. Ingat dan temukan kondisi dan situasi tenang dengan menggali berbagai pengalaman yang pernah di rasakan sebelumnya. Misalnya, mengingat ketika sedang berada di pantai, atau di pegunungan, atau disaat sedang melakukan ibadah ritual, atau juga disaat sebelum tidur.
C. Putar dan dengarkan musik instrumen yang bernada lembut dan lambat (Musik untuk Gelombang Alpha di Otak). Tehnik ini bisa menstimulan kita untuk tenang. Bisa juga jika tidak ada alat bantu dengan mendengarkan dan merasakan gemericik air yang tenang atau hembusan angin sepoi-sepoi.
D. Usahakan dan ciptakan senyuman yang tulus di wajah kita. Bisa dibantu dengan menggali ingatan atau pengalaman hidup yang membuat kita bisa tersenyum. Tehnik senyum efektif ialah dengan menarik garis mulut 2 cm ke kanan dan  2 cm ke kiri secara simetris, dan tahan hingga 7 detik. Ulangi ini beberapa kali.
E. Berdzikir menyebut Asma/nama Nya(sang Kuasa) dengan suara yang lembut dan benar-benar keluar dan dirasakan oleh hati kita. Semakin dahsyat dan khusyuk jika di sertai dengan tetap fokus dengan hembusan nafas.
F.Lakukan Pijatan lembut dan memutar dengan jari telunjuk tepat di antara pertemuan kedua belah alis mata. Ini tehnik untuk merenggangkan dan melepaskan hormon endhorpin (hormon rasa cemas) yang berada di amigdala otak. lakukan tehnik ini beberapa kali.
G. Lakukan berbagai tehnik sederhana senam otak

Tidak ada komentar:

Posting Komentar